Wednesday, May 7, 2008

Perpustakaan Digital Kitab-Kitab Berbahasa Arab

Perpustakaan yang kita sering lihat adalah kumpulan banyak buku yang tertata rapi dengan berbagai macam tema. Seperti kalau kita berkunjung ke Perpustakaan Nasioanal Jakarta., disana banyak sekali buku yang tertata rapi di rak-rak buku.Bukan itu saja,tapi juga tersimpan berbagai dokumen dari mikro-film, majalah, jurnal dan lain sebagainya.

Sayapun pernah mengenal seorang Mu’alim Betawi yan sangat alim yakni Almarhum K.H. Muhammad Syafe’i Hazami yang memiliki l4 (empat belas) lebih lemari. Hampir seluruh lemarinya berisi kitab-kitab kuning berbahasa Arab, khususnya kitab-kitab mengenai keislaman seperti Tafsir al-Quran, Fiqih, Ushul-Fiqih, Hadist dan lain sebagainya. Kitab-kitab tersebut Mu’alim kumpulkan sejak beliau remaja ketika belajar dengan guru-guru seputar Jakarta hingga belajar dengan Habib Ali Alatas , Bungur.

Perpustakaan seperti yang dimiliki oleh Perpustakaan Nasional maupun Perpustakaan milik Mu’alim Syafe’i Hazami perlu perawatan yang khusus. Agar buku-buku tidak mudah rusak. Karena buku-buku yang telah lama tersimpan dilemari itu mudah rusak karena dimakan rayap, udaranya lembab dan lain sebagainya.

Saya sendiri punya pengalaman , kitab “Syiyarus Shalihin” yang saya beli 21 (dua puluh satu) tahun lalu itu sudah rusak. Seperti kertasnya yang sudah pada berlobang karena dimakan rayap, juga ada halamannya yang hilang karena lepas dari penjilidnya.

Itulah sisi kelemahan dari perpustakaan konvesional, perlu perawatan extra untuk merawat semua buku-buku tersebut. Berlainan dengan Perpustakaan digital , tak perlu tempat buku ,tak ada tambahan biaya perawatan kusus. Hanya dengan sekeping DVD mampu menyimpan dua puluh ribu buku, alangkah mudahnya bukan.

Pada saat ini untuk memiliki ribuan buku ataupun kitab-kitab kuning tak perlu repot lagi, karena sudah banyak website di dunia maya membagikannya secara gratis (lihat juga : http://muh-ali.blogspot.com/2008/02/mendownload-kitab-kitab-berbahasa-arab.html).
Dan kalau anda tak mau repot-repot bisa membelinya, saya pada beberapa waktu lalu menyempatkan diri pergi ke sebuah agen buku-buku Islam di Kwitang Jakarata. Disana saya melihat buku yang berjudul “Panduan Al-Maktabah As-Syamilah”, yang isinya ada sebuah DVD. Setelah membaca sebentar ternyata buku tersebut adalah buku panduan pengoperasian Perpustakan Digital, yang isinya terdapat 5505 kitab dari berbagai disiplin ilmu. Mulai dari Tafsir al-Quran, Hadist, Syarah Hadist, Fiqih, Ushul-Fiqih, Tarikh dan lain sebagainya, dan kalau ditotal jumlah bukunya semua ada sekitar dua puluh ribu jilid.

Bagi anda yang mau memiliki juga bisa menghubungi, di UD Saudara di belakang toko Gunung Agung Kwitang, Jakarta. Saya membelinya seharga Rp 22.000. Atau bagi anda yang tinggal di luar Jakarta bisa menghubungi penerbitnya langsung di Solo yakni Penerbit Pustaka Ridwana, JL. Slamet Riyadi 441, Telp (0271) 7909447.

1 comments:

rinyuh said...

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Perkenankan saya untuk ikut berbagi perihal Digital Qur'an v3, sebuah aplikasi Windows buatan Bpk. Sony Sugema yang menampilkan ayat dalam bahasa Arab, terjemahan dalam bahasa Indonesia/Inggris, sekaligus suara pembacaan dari ayat yang dimaksud.

Informasi lebih lengkap dapat diperoleh di http://digital-quran-v3.blogspot.com/

Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Wassalam

Post a Comment

 

Design by Amanda @ Blogger Buster