Monday, March 16, 2009

Software Bajakan

Menginstall ulang windows xx,xp mungkin sebagian dari kita sudah menjadi hal biasa,terutama sekali para teknisi komputer. Lihat saja, kalau kita berkunjung ke Glodok atau Dusit Mangga Dua maupun Harco yang merupakan pusat penjualan komputer terbesar di Jakarta. Di sana para teknisi sedang merakit dan menginstall OS Windows dan program-program lainnya yang dibutuhkan para pembeli dan bahkan sebagian dari para teknisi tsersebut telah hafal SN (serial number) windows maupun microsoft Office yang panjangnya kurang lebih dari 25 karakter.

Saya punya pengalaman dengan software bajakan, ketika saya selesai menginstall windows xp danbeberapa device yang dibutuhkan berjalan normal. Namun ada satu device yang tidak berjalan yakni sound card. Seperti biasa kita analisa satu demi satu dari mulai melihat apakah device tersebut sudah dikenal atau belum, apakah speaker berfungsi atau tidak, apakah colokan dari speaker sudah dimasukan ke lobang sound card yang tepat.

Setelah dicek semua ternyata semua itu tidak ada masalah.Yang menjadi pertanyaan mengapa speaker tidak bisa berbunyi. Setelah itu saya putuskan untuk mendownload driver sound card terbaru dan menginstall driver tersebut tersebut ternyata speaker tetap tidak berbunyi.Pensaran dengan hal itu, saya langsung tanyakan pada pemilik komputer,apakah sebelumnya speaker ini aktif dan dijawab ya, sebelumnya spekear tersebut berbunyi.Maklum
pemiliknya suka sekali mendengarkan lagu MP3 nostagia.

Karena masih diliputi rasa penasaran akhirnya saya putuskan untuk menginstall ulang windows xp yg bukan milik sendiri dan meminjam windows xp milik teman dengan spesifik sama windows xp SP2 dengan sn berbeda. Setelah selesai instal kemudian mengecek semua device termasuk sound card yang tidak berbunyi tadi dan ternyata bisa berjalan normal alias speaker bisa berbunyi.

Jadi inilah salah satu kelemahan software bajakan yang saya beli dengan harga Rp 20.000. Tapi apa daya kalau beli yang asli harganya sangat mahal. Mungkin saran saya kalau kita mulai beralih berangsur-angsur pindah ke software-software yang free seperti Linux dengan turunannya. Selain gratis software tersebut juga tangguh dan bebas dari virus.




1 comments:

hendi said...

ass...terima kasih bung Ali, saya baru download atau nyumbangin 0,1 dollar ke anda via ziddu. Moga sukses selalu n main-main ke hendiburahman.blogspot.com
Sekalian cek kualitas tampilan dan isi blog saya, sebab baru 1 minggu mempelajari blog. Syukron katsir.......

Post a Comment

 

Design by Amanda @ Blogger Buster