Friday, July 11, 2008

Membuat Printer Network Pada Windows Vista

Beberapa hari yang lalu saya menginstall dua laptop baru.Keduanya minta dibuatkan printer network.Kalau pada windows XP hal tersebut tidak menjadi masalah.Namun berlainan jika dengan Windows Vista.Pada laptop pertama, saya tidak mendapatkan kesulitan namun pada laptop kedua saya begitu sulit untuk menyelesaikannya.

Kesulitan tersebut seperti ketika saya memerintahkan untuk membuat printer network pada dialog box muncul pesan printer sharing not found. Berlainan dengan pada laptop pertama yang saya install sebelumnya,tidak muncul pesan seperti itu bahkan saya berhasil mengcreate beberapa network printer.Setelah saya telusuri apa menyebab hal tersebut bisa terjadi,dan juga membaca ebook yang pernah saya dowload yang berjudul Windows Vista Administration.Ternyata saya tidak temukan solusinya.

Akhirnya saya bertanya pada paman Google dengan keyword "Add printer network in Vista". Dan akhirnya pada beberapa artikel memberikan solusinya diantaranya dengan petunjuk sebagai berikut:Klik Control Panel pilih Printer dan pilih Add Local Printer.Pada kotak dialog box tersebut kita ketikan perintah \\nama komputer\nama printer.Pada langkah kedua inipun saya masih gagal untuk membuat printer network sesuai dengan petunjuk yang saya dapatkan melalui mesin pencari Google. Akhirnya saya merenung sebentar,untuk berpikir penyebab tersebut terjadi. Akhirnya saya putuskan menon aktifkan firewall di komputer Vista yang akan di install printer network tersebut.

Setelah itu mencoba kemabali langkah kedua tersebut dan ternyata berhasil.
Komputer menemukan printer sharing dan proses selanjutnya meminta driver printer dan klik next dan selesai juga proses pembuatan printer network pada Windows Vista.

NB: Harap diperhatikan firewall di Komputer yang akan di install printer network harus dalam kondisi off (tidak di aktifkan).Jika hal tersebut tidak dilakukan Anda akan mengalami kesulitan seperti yang saya alami, seperti tidak menemukan printer yang di sharing.Patch Network tidak di temukan. Karena terblock oleh Firewall.

0 comments:

Post a Comment

 

Design by Amanda @ Blogger Buster