Wednesday, September 22, 2010

Tata Cara Shalat Jenazah

Pada tanggal 10 syawal 1431 H atau bertetapan dengan 19 September 2010, saya bertakziah ke rumah salah seorang paman di daerah Bekasi. Karena paman saya tersebut wafat pada hari itu dalam usia lebih kurang 60 tahun. Setelah segala sesuatunya telah selesai dilaksanakan seperti menyiapkan makamnya, dimandikan mayatnya dan dikafaninya, setelah itu lalu dishalati.

Karena shalat ini jarang saya lakukan, seingat saya terakhir kali melakukannya 3 bulan yang lalu ketika saya ikut menyolati salah seorang saudara juga. Ketika saya akan melakukan sholat jenazah ini rasa bingung merambat hati saya. Sebab semua urutan bacaan sholat yang saya hafal hilang begitu saja. Tapi dengan ketenangan, saya bisa memanggil kembali hafalan yang sempat hilang sejanak.Agar hafalan saya tidak mudah lupa maka saya tuliskan kembali mengenai tata cara sholat jenazah berikut :

Niat, ketika mengucapkan takbir di niat dalam hati seperti "Sengajaku aku sholat atas mayat ini empat takbir fardhu kipayah mengikut imam karena Allah". Untuk Mayat laki-laki

Sedangkan untuk mayat wanita sebagai berikut :

Takbir pertama membaca surat al-fatihah yang didahului dengan ta'awudz.
Takbir kedua membaca shalawat atas nabi Muhammad saw.

Takbir ketiga mendoakan mayat, untuk mayat laki-laki doanya seperti ini :

Sedangkan untuk mayat perempuan doanya seperti ini :


Takbir keempat doa untuk si mayat dan orang yang menyalatinya, untuk mayat laki-laki :


Sedangkan untuk mayat wanita :


Setelah itu mengucapkan salam sambil menengok ke kanan dan ke kiri.

3 comments:

Wati said...

Terimakasih panduan shalat jenazahnya, saya sedang mencari referensi untuk shalat jenazah.

Muhammad Ali said...

Ya, sama-sama semoga tulisan saya bermanfaat bagi sesama.

NARUTO LOVERS said...

sangatt mmbantuu,trimakasihh lg ada hafalann

Post a Comment

 

Design by Amanda @ Blogger Buster