Wednesday, September 22, 2010

Tata Cara Shalat Jenazah

Pada tanggal 10 syawal 1431 H atau bertetapan dengan 19 September 2010, saya bertakziah ke rumah salah seorang paman di daerah Bekasi. Karena paman saya tersebut wafat pada hari itu dalam usia lebih kurang 60 tahun. Setelah segala sesuatunya telah selesai dilaksanakan seperti menyiapkan makamnya, dimandikan mayatnya dan dikafaninya, setelah itu lalu dishalati.

Karena shalat ini jarang saya lakukan, seingat saya terakhir kali melakukannya 3 bulan yang lalu ketika saya ikut menyolati salah seorang saudara juga. Ketika saya akan melakukan sholat jenazah ini rasa bingung merambat hati saya. Sebab semua urutan bacaan sholat yang saya hafal hilang begitu saja. Tapi dengan ketenangan, saya bisa memanggil kembali hafalan yang sempat hilang sejanak.Agar hafalan saya tidak mudah lupa maka saya tuliskan kembali mengenai tata cara sholat jenazah berikut :

Niat, ketika mengucapkan takbir di niat dalam hati seperti "Sengajaku aku sholat atas mayat ini empat takbir fardhu kipayah mengikut imam karena Allah". Untuk Mayat laki-laki

Sedangkan untuk mayat wanita sebagai berikut :

Takbir pertama membaca surat al-fatihah yang didahului dengan ta'awudz.
Takbir kedua membaca shalawat atas nabi Muhammad saw.

Takbir ketiga mendoakan mayat, untuk mayat laki-laki doanya seperti ini :

Sedangkan untuk mayat perempuan doanya seperti ini :


Takbir keempat doa untuk si mayat dan orang yang menyalatinya, untuk mayat laki-laki :


Sedangkan untuk mayat wanita :


Setelah itu mengucapkan salam sambil menengok ke kanan dan ke kiri.

Monday, September 20, 2010

Menghapus Virus Folder menjadi Shorcut

Beberapa hari yang lalu saya menangani virus folder menjadi shorcut. Kalau kita lihat menggunakan explorer yang terlihat hanya shorcut saja sedangkan folder-folder nya telah merubah. Kalau kita klik shorcut yang tadinya bernama suatu folder yang terdiri dari beberapa file. Mungkin bagi orang awam hal tersebut bisa membingungkan dan merasa gusar karena file-file yang sangat penting dan diperlukan tidak tampak.Tapi bagi kita yang sering berkutat dengan virus hal tersebut menjadi hal yang biasa.

Virus ini biasanya tidak berbahaya hanya menghidden (menyembunyikan) folder dan files. Cara penanganannya adalah sebagai berikut :
  1. Update segera anti virus anda sesegera mungkin.
  2. Setelah itu scan seluruh hard disk yang ada di komputer Anda termasuk systemnya.
  3. Setelah terdeteksi semua virusnya, hapus saja semuanya. Sayasendiri menggunakan anti virus Free Antivirus Avira.
  4. Pada langkah berikutnya yaitu menampilkan semua folder dan file dengan cara dari start -> run->ketik cmd dan akan muncul c promt (c>). Setelah itu ketik attrib -s -h f:*.* /D /S Selanjutnya akan muncul semua folder dan files yang tersembunyi tersebut di flask di drive F. Langkah berikutnya kita hapus semua shorcut -shorcut tadi yang ada di Flask disk kita. Selamat mencoba semoga berguna bagi yang memerlukannya.

Tuesday, September 7, 2010

Driver Sound P4P800 MX

Menginstall driver Sound pada motherboard Asus P4P800 MX di Windows XP Sp2 terasa cukup menyebalkan dan sulit, padahal driver tersebut saya download langsung dari websitenya Asus yakni www.asus.com.Saya pribadi sudah cukup sering dalam menginstall berbagai driver dan di berbagai OS seperti Netware,Linux,Dos,Windows.Tapi kali ini terasa cukup rumit. Seperti biasanya kalau hendak menginstall suatu driver,kita akan membaca petunjuknya yang diikut sertakan dalam driver tersebut.Petunjuk itu berupa file readme.txt atau install.txt. Jadi dengan membaca file tersebut kita mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan.

Setelah membaca dan mencoba mengikutinya petunjuk tersebut ternyata langkah pertama mengalami kegagalan. File pertama yang bernama SoundMax.part1.rar gagal dijalankan yang seolah-olah file tersebut corrupt atau rusak. Saya pun penasaran untuk mencoba lagi mengikuti petunjuk tersebut dan ternyata mengalami hal sama.Rasa penasaran saya pun bangkit untuk bisa mendapatkan jawabannya.Setelah itu saya putuskan untuk bertanya pada Google dengan mengetikkan kata kunci driver Sound P4P800 MX. Akhirnya google menampilkan kata kaunci tersebut halaman demi halaman.Setelah itu saya membaca satu persatu halaman-halaman tersebut yang sesuai dengan harapan saya dan dengan susah payah akhirnya saya mendapatkan jawabannya pada salah satu artikel namun artikel tersebut tidak lengkap memberikan solusinya.Dengan semangat pantang mundur akhirnya saya mencoba sendiri untuk menemukan solusinya,alhasil dengan beberapa kali percobaan akhirnya mendapatkan solusinya.Berikut ini saya tuliskan kembali percobaaan yang membuahkan hasil berupa driver Sound P4P800 MX :
  1. Download file SoundMAX.part1.rar, SoundMAX.part2.rar, SoundMAX.part3.rar dari websitenya asus langsung.
  2. Rename file SoundMAX.part1.rar menjadi SoundMAX.part1.zip. Caranya dari menu start->Run->ketik cmd dan akan masuk ke dos prompt (c>).Setelah itu masuk ke direktory file driver tersebut disimpan dalam contoh ini di c:/driver.Lalu lakukan perintah rename file ( c:/driver>rename SoundMAX.part1.rar SoundMAX.part1.zip. Setelah berhasil melakukan hal ini lalu keluar dari mode dos ini dengan mengetikkan perintah exit.
  3. Selanjutnya jalankan file yang tadi kita rename tersebut yakni file yang bernama SoundMAX.part1.zip dan menghasilkan sebuah folder yang bernama SoundMAX.Setelah selesai menjalankan file ini maka akan ditanyakan file lanjutannya yakni file SoundMAX.part2.zip.Disini harus diperhatikan bahwa file SoundMAX.part2.rar dan SoundMAX.part3 harus dijalankan lebih dahulu dan diextrak ke direktory yang kita kehendaki dalam contoh ini di c:/driver dan menghasilkan file SoundMAX.part2.zip dan SoundMAX.part3.zip.Ketika komputer meminta file lanjutannya file SoundMAX.part2.zip maka yang kita pilih file SoundMAX.part2.rar (harap diperhatikan) bukan file SoundMax.part2.zip walaupun yang diminta tersebut begitu juga berikutnya.
  4. Setelah selesai akan menghasilkan sebuah folder yang bernama SoundMAX yang terdiri dari 4 folder yaitu Linux, NT40,Windows,Windows2003.Lalu saya membuka folder windows dan saya jalankan file setup. Sehingga akhirnya saya berhasil bisa mendapatkan sound untuk mendengar musik dan sebagainya.
  5. Nah setelah saya berikan keterangan diatas dengan panjang lebar, inilah hasil file SoundMax yang pembaca bisa langsung download dan gunakan untuk install device sound Anda pada mainbaord Asus P4p800 MX. Bisa di download disini.
Demikianlah semoga tulisan ini berguna bagi yang memerlukannya.

 

Design by Amanda @ Blogger Buster