Wednesday, March 3, 2010

Sholat Jamak dan Qoshor

Sholat Jamak dan Qoshar merupakan suatu keringanan yang diberikan pada orang yang musafir.Karena sholat merupakan tiang agama maka bagaimanapun keadaannya kewajiban sholat harus tetap dilakukan. Karena itu tidak ada alasan walaupun kita keadaan yang payah (sakit) ataupun perang kewajiban sholat harus dilakukan juga.Maka apalagi musafir yang berarti pergi keluar kota tetap wajib melakukan sholat. Maka Allah mengancam orang-orang yang melalaikan sholatnya dengan neraka shaqor.Adapun syarat dibolehkan musafir melakukan sholat jamak dan qoshor adalah kepergiannya telah mencapainya jarak lebih dari 80km.

Sholat jamak artinya menggabungkan.Contonya Sholat Zuhur dengan Ashar, Sholat magrib dengan Isya.Sedangkan Subuh tidak bisa dijamak. Sedangkan Sholat Qoshor adalah meringkas (artinya sholat yang empat rakaat diringkas menjadi 2 rakaat) sedangkan sholat magrib dan sholat subuh tidak bisa di qoshar.

Sholat jamak qoshor adalah menggabungkan dan meringkas dua sholat dalam satu waktu. Contoh sholat Zuhur dengan Ashar digabung menjadi satu dan sholatnya dua rakat untuk Zuhur setelah salam dilanjutkan sholat Ashar. Sholat tersebut dinamakan sholat jamak qoshor takdim. Sedangkan sholat Zuhur dan sholat Ashar atau sholat Magrib dengan Isya dilakukan diwaktu Isya maka sholat tersebut dinamakan sholat jamak ta'akhir.

Adapun pelaksanaan sholat jamak qoshor takdim maupun ta'akhir harus melakukannya secara tertib,maksudnya melakukan sholat Zhuhur dahulu baru Ashar begitu juga sholat Magrib dahulu baru kemudian sholat Isya. Dan syarat lainnya jangan ada jeda diantara kedua sholat tersebut. Maksudnya begini ketika sholat jamak qoshor takdim yakni sholat Zuhur selesai maka langsung dilanjutkan dengan sholat Ashar. Jadi tidak ada doa ataupun lainya ketika selesai sholat Zuhur.Baru kemudian setelah sholat Ashar, kita bisa melakukan doa-doa maupun wirid-wirid lainnya.

Itulah sedikit sharing berkaitan dengan sholat jamak dan qoshor. Jika ada yang tidak setuju kami persilahkan untuk mengkritiknya.

3 comments:

atlet said...

mkasih infonya...
salam knal

Muhammad Ali said...

Ya sama-sama salam kenal kembali

Anonymous said...

makasih bnget...
add q di facebook: 'emank rokhland argenussaze' wahai orang orang yang memperhatikan suruhan Allah....

Post a Comment

 

Design by Amanda @ Blogger Buster