Thursday, March 20, 2008

Pameran Komputer yang tidak gratis

Beberapa hari yang lalu saya berkunjung ke pameran komputer di JCC (Jakarta Convention Center) Senayan Jakarta. Pameran yang diselenggarakan secara serentak di beberapa kota besar : Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Makasar dari tanggal 12-16 Maret 2008.

Pada pameran kali ini, saya merasa heran karena para pengunjung diharuskan membayar tiket sebesar Rp 5000,- per orang. Padahal pameran-pameran komputer sebelumnya tidak bayar alias gratis.

Saya memtuskan membeli 2 tiket untuk saya sendiri dan istri,ternyata yang ikut pameran bukan hanya produk komputer saja tapi juga ada produk lain yakni kamera digital dan juga ada pertunjukan musik. Mungkin hal ini yang menyebabkan pengunjung tidak gratis lagi. Walaupun demikian saya perhatikan pengunjung tetap tak berkurang. Mungkin hampir sama ketika pameran yang tidak memungut biaya dari pengunjung (gratis).

Pada kesempatan itu, saya sempat mengunjungi beberapa stand komputer dan menerima begitu banyak brosur. Kebanyakan peserta pameran menjajakan barang dagangannya berupa laptop dari harga 5 jutaan lebih sampai 12 jutaan.

Pada stand kamera digital, begitu banyak produk yang ditawarkan dari berbagai merek. Begitu juga dengan pernak pernik untuk para Photograper pun tersedia. Dan harga yang ditawarkan untuk kamera digital bervariasi, mulai dari Rp 700 ribuan sampai Rp 3 jutaan. Buat saya sebagai pemula,memutuskan untuk membeli kamera yang harganya kurang satu jutaan dengan spesipikasi nya sbb : 7 mb pixel, total zoom 12x (3x optical zoom, 4x digital zoom), LCD 2.5", memory 1 GB (max 2GB).

Kamera yang saya beli merupakan produk dari Fuji Film dengan merek " MPIK" seri SEMO Z7. Kata penjualnya harganya di toko sekitar 1,2 jutaan. Hal ini belum saya cek langsung untuk membuktikannya. Karena biasanya para pedagang memikat para pembelinya dengan membandingkan harga dijual dengan harga sesungguhnya di toko.

Harga pameran tidak selalu semurah dari harga normalnya di toko. Saya punya pengalaman ketika membeli USB 2 GB seharga Rp 105.000,- sedangkan harga pameran seharga Rp 98.000,-. Harga ini tidak cukup murah. Dalam hati saya, berkata mungkin berbeda barang-barang komputer dengan kamera digital. Ini masih perlu dibuktikan.

0 comments:

Post a Comment

 

Design by Amanda @ Blogger Buster